7 Cara Membuat Tirai Pintu Kamar dari Kertas

7 Cara Membuat Tirai Pintu Kamar dari Kertas

7 Cara Membuat Tirai Pintu Kamar dari Kertas


Alat dan bahan tersebut diantaranya adalah:


Kertas (kertas ini dapat berupa kertas origami/ kertas kado / kertas warna / kertas karton. Anda dapat menggunakan satu jenis kertas atau memadukan dua jenis kertas).


Tali (berfungsi sebagai penyambung kertas, dapat menggunakan benang / tali kenur / atau jenis tali lainnya yang berukuran kecil).


Penggaris bentuk dengan pola bulat.


Lem kertas.



Mengukur tirai


Sebelum Anda hendak membuat tirai pintu rumah, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah menghitung panjang tirai yang dibutuhkan. 


Membuat garis melingkar


Pertama-tama, Anda perlu membuat garis melingkar sebagai garis bantu pada kertas. Besar kecilnya lingkaran yang dibuat dapat disesuaikan dengan penggaris yang Anda miliki, misalnya Anda menggunakan lingkaran dengan diameter 7 cm. Maka sebaiknya lingkaran yang lain juga dibuat dengan ukuran yang seragam. Buatlah lingkaran sebanyak-banyaknya.


Memotong kertas secara melingkar


Setelah membuat pola kertas, selanjutnya Anda dapat memotong kertas menyesuaikan dengan alurnya. Namun pastikan potongan kertas dilakukan dengan rapi agar hasilnya indah dan bagus. Cara pertama yang Anda dapat menggunakan cutter dan secara perlahan memotong menyesuaikan dengan garis lingkaran. Atau untuk hasil yang lebih rapi, Anda dapat menggunakan gunting. Apabila Anda memotong dengan gunting, pastikan memotongnya secara menerus dan tidak berhenti di tengah jalan supaya hasil jauh lebih rapi.


Menempelkan kertas


Setelah semua lingkaran selesai di potong, langkah selanjutnya adalah memberikan lem pada bagian belakang kertas kado. Lingkaran-lingkaran ini nantinya akan direkatkan dengan kertas origami berwarna-warni. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan agar kertas kado jauh lebih kokoh dan kuat. Selain itu, apabila Anda hendak memutar balikkan kertas, hasilnya masih aja serupa dan penuh warna.


Menempelkan pada tali


Kertas kado yang sudah ditempelkan dengan kertas origami kemudian ditempelkan pada tali dibagian belakangnya. Posisi penempelan harus melintang dan benar-benar berada di tengah kertas. Proses penempelan ini harus dilakukan secara hati-hati dan usahakan Anda tidak menggunakan lem terlalu banyak, hanya secukupnya saja. Apabila menggunakan lem terlalu banyak, dikhawatirkan kertas akan menjadi lusuh.


Ulangi


Proses penempelan selesai! Selanjutnya Anda dapat mengulangi proses penempelan hingga memenuhi satu panjang tali tirai. Anda dapat melakukan kembali untuk membuat beberapa tirai lainnya sampai dirasa sudah cukup.


Finishing


Setelah semua tali sudah terpasang dengan lingkarang, Anda dapat mulai memasangkan tirai tersebut pada pintu rumah. entah tirai tersebut disatukan terlebih dahulu pada gagang kayu dan sebagainya. Semuanya tergantung keinginan Anda!

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara membuat tirai pintu kamar dari kertas yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

© 2018 aeroland. Oleh Webpraktis.com | sitemap